Alasan Harus Punya Asuransi Perjalanan Saat Berwisata



Perlindungan atas risiko sangat diperlukan setiap orang, terutama dalam beberapa kondisi. Pergi liburan atau travelling memang menyenangkan, namun tidak jarang ada risiko yang mengintai. Kehilangan barang atau kecelakaan bisa menjadi contoh risikonya. Asuransi perjalanan sangat diperlukan karena dapat menanggung berbagai risiko yang bisa dialami seperti berikut ini.

1.    Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan
Dalam perjalanan, tidak menutup kemungkinan ada keterlambatan keberangkatan dari media transportasi. Pembatalan perjalanan karena media transportasi yang tidak mendukung juga jadi problema. Hal ini tentu saja merugikan karena Anda kehilangan waktu, biaya, dan harus menunggu jadwal berikutnya.

Ketika mempunyai travel insurance, Anda mendapatkan kompensasi atas keterlambatan ataupun pembatalan perjalanan dengan mengajukan klaim. Kompensasinya bisa berupa menginap gratis di hotel atau penginapan yang bekerja sama dengan maskapai transportasi. Bentuk kompensasi juga berbeda tergantung peraturan setiap perusahaan asuransi yang akan mengurus semua hal ini.

2.    Mengganti Kerugian atas Kerusakan atau Kehilangan Bagasi
Banyak hal yang bisa terjadi dalam hidup ini. Risiko tidak bisa dihindari sepenuhnya. Salah satu kerugian yang sangat disesalkan adalah kerusakan atau kehilangan bagasi. Bisa saja koper Anda hilang atau tertukar saat berada di bandara. Hal ini sangat meresahkan dan membuat Anda panik. Tak hanya itu, bagasi mobil juga bisa dibobol dan Anda kehilangan barang-barang penting.

Semua risiko tersebut ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan dalam polis. Anda akan mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi dengan mengajukan klaim. Kompensasi segera bisa dicairkan. Jadi, seketika itu juga Anda bisa langsung memproses penggantian kerugian.

3.    Menanggung Risiko Biaya Perawatan
Risiko yang dialami selama perjalanan memang tidak ada yang tahu, termasuk risiko sakit atau kecelakaan. Kedua kasus tersebut menimbulkan adanya biaya perawatan medis. Kondisi seperti ini termasuk risiko yang ditangani perusahaan asuransi. Anda akan memperoleh biaya pertanggungan untuk segera memperoleh biaya medis sesuai polis atau perjanjian asuransi.

4.    Menanggung Kematian
Tidak ada orang yang mengetahui kapan dirinya akan meninggal dunia. Kemungkinan sakit atau kecelakaan selama melakukan perjalanan bisa mengakibatkan meninggal dunia. Kasus ini juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Terdapat sumbangan atas kematian dan biaya pertanggungan untuk keluarga yang ditinggalkan.

5.    Menanggung Risiko Bencana Alam atau Aksi Terorisme
Bencana alam juga tidak bisa diprediksi kapan terjadinya. Saat melakukan perjalanan, bencana alam bisa juga terjadi. Jika memang benar, Anda yang punya asuransi untuk perjalanan bisa mengajukan klaim kompensasi. Penggantian akan diberikan sesuai kerugian yang dialami, baik itu kerugian fisik, finansial, maupun mental. Berlaku hal yang sama juga ketika ada aksi terorisme.

Berbagai risiko yang bisa dialami selama perjalanan, terutama di tempat umum dan tempat wisata, memang harus diwaspadai. Mulai saat ini, sangat perlu bagi Anda untuk memiliki travel insurance. Mengenai dana pertanggungan, Anda bisa membayar premi sesuai kemampuan. Untungnya, setiap risiko bisa ditanggung terlebih dahulu oleh perusahaan asuransi.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Harus Punya Asuransi Perjalanan Saat Berwisata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel